Cara Mudah Atasi Panas MacBook Pro

Jakarta - Meski dibekali sistem pendingin, MacBook Pro masih terasa panas ketika digunakan pekerjaan berat. Namun ada cara mudah untuk mengatasinya, hanya berbekal uang koin.

Cara tersebut diungkap oleh pria asal Jepang Akinori Suzuki lewat akun Twitter-nya. Ia menggunakan sejumlah koin 10 yen dan diletakkan di atas laptopnya.

"Jika Anda punya masalah panas pada MacBook Pro, gunakan koin 10 yen. Tembaga pada koin itu akan menjadi konduktor yang baik untuk panas ketimbang alumunium pada laptop. Dan mengeluarkan panas dengan baik," tweet Suzuki.

Apa yang dilakukan Suzuki memang brilian. Tembaga memang diketahui sebagai konduktivitas termal yang sangat baik ketimbang material alumunium dan plastik yang banyak digunakan pada bodi laptop.

Berdasarkan hukum termodinamika, selama koin tembaga lebih dingin dari komputer. Ia akan menyerap panas yang ada di dalam komputer.

Tentu saja cara ini tidak terbatas pada MacBook Pro saja. Kita dapat mengaplikasikannya pada perangkat komputer lain, termasuk dekstop. Hal ini coba dilakukan laman Science Alert, mereka coba menyematkan sejumlah koin tembaga pada kartu grafis.

Meski kandungan tembaga pada koin yang digunakan hanya 2,5 persen, hasilnya memang ampuh mengusir panas pada desktop. Nah, bagaimana tertarik untuk mencobanya? (afr/ash) 

Sumber : detik.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
16 Januari 2018 pukul 03.03 delete

cara membersihkan keyboard Macbook retina A1706 A1707 A1708
http://zapplerepair.com/macbookprorepairIndonesia.html

Reply
avatar