contoh proposal


SISTEM INFORMASI PEMBUATAN SURAT PEMESANAN OBAT
BERBASIS SMS GATEWAY PADA APOTEK BULUNG

PROPOSAL PENELITIAN

Disusun Oleh :
Nama: Nilam Sari Ummaya Ratri
NIM: 201353001
Program Studi : Sistem Informasi
 


FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2013




A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa dampak yang
positif  dan  sangat  berpengaruh  dalam  berbagai  bidang  baik  dalam  bidang pelayanan  jasa,  bidang  perkantoran,  bidang  pendidikan,  bahkan  perdagangan. Salah  satu  dari  perkembangan  teknologi  adalah  pemakaian  komputer  untuk berbagai proses di berbagai bidang. Penggunaan teknologi yang semakin maju memberikan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan informasi. Terlebih lagi kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat memerikan kemudahan bagi manusia dalam banyak hal. Semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses dan didapatkan dengan mudah dalam waktu singkat. Kemajuan teknologi informasi menunjang berbagai aktivitas manusia. Untuk memberi dan menerima informasi dengan cepat, maka pada distributor obat dikembangkan  suatu  sistem  informasi  yang  dapat  membantu  penyampaian pemesanan obat antara apotek-apotek kecil dan distributor obat itu sendiri. Pada Apotek Bulung distributor obat berusaha menerapkan suatu sistem aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan pemesanan obat kepada pemilik apotek untuk memesan obat. Untuk mengatasi masalah itu maka dapat dirancang suatu aplikasi sistem informasi layanan pemesanan obat berbasis SMS Gateway.
Dengan   aplikasi   ini   diharapkan   dapat   membantu   penyampaian pemesanan obat dengan cepat menggunakan teknologi informasi. Penulis  mengajukan  rancangan  sistem  informasi  layanan  ini  untuk memberikan kemudahan pada Apotek Bulung untuk melayani dan memudahkan  pemilik  apotek  dalam  pemesanan  obat  ke  distributor  melalui tekonologi SMS. Dengan layanan ini pemilik apotek dapat melakukan pemesanan obat dengan cepat dan mudah yang bisa diakses melalui SMS.




B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan :
1.        Bagaimana gambaran Sistem Informasi yang berjalan pada Apotek Bulung pada proses pelayanan pemesanan obat?
2.        Bagaimana merancang suatu aplikasi system informasi layanan pemesanan obat berbasis SMS Gateway?

C.    TUJUAN PENELITIAN
Tujuan  penelitian ini  adalah  menghasilkan  perangkat  lunak  atau  aplikasi sistem informasi dan pelayanan pemesanan obat berbasis SMS Gateway pada Apotek Bulung.
D.    MANFAAT PENELITIAN
Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah:
1.        Bagi Penulis
Memperoleh pengalaman dalam menganalisa dan merancang sebuah sistem sesuai dengan dasar ilmu dan teori yang dimiliki dibangku kuliah.
2.                                   Bagi Akademis
a.         Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menerapkan teori yang diperoleh di  bangku  perkuliahan  dengan  kenyataan  sesungguhnya,  sehingga  dapat digunakan sebagai bahan evaluasi akademik.
b.        Dapat dijadikan pembanding atau literatur penyusunan skripsi di masa yang akan  datang  serta  menambah  referensi  perpustakaan  untuk  meningkatkan kualitas pendidikan.
3.                                   Bagi Instansi Apotek Bulung
a.       Sebagai bahan masukan dalam pengembangan sistem komputerisasi di masa yang akan datang.
b.      Menjadi bahan pertimbangan guna menerapkan sistem informasi pemesanan obat berbasis sms gateway.

E.     BATASAN MASALAH
Agar cakupan tema dan pembahasan pada permasalahan yang diuraikan tidak terlalu luas, maka batasan masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi penyampaian informasi yang bisa diakses melalui SMS seperti:
1.  Pelayanan pembuatan surat pemesanan obat,
2.  Informasi data obat dan promosi obat,
3.  Tidak membahas retur barang.
4.  Tidak membahas pengiriman barang.
5.  Tidak membahas koneksi modem ke PC yang dilakukan Oleh Gammu.
6. Tidak  Membahas  masalah  yang  disebabkan karena hubungan  dengan penyedia layanan jaringan.
7.  SMS yang dikirim maksimal 160 karakter.

F.     METODE PENELITIAN
Metode Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang benar-benar akurat, relevan, valid dan andal maka penulis mengumpulkan sumber data dengan cara :
1.      Sumber Data Primer
Adalah data yang diperoleh secara langsung baik melalui pengamatan maupun pencatatan terhadap obyek penelitian yang ada. Sumber data primer antara lain meliputi :
a.       Observasi
Pengumpulan  data  melalui  pengamatan  dan  pencatatan  terhadap  gejala  atau peristiwa  yang  diselidiki  pada  obyek  penelitian  secara  langsung,  misalnya melakukan  pengamatan  secara  langsung  pada  kegiatan  yang  dilakukan  oleh karyawan  pada  Apotek Bulung  khususnya  kegiatan  yang dilakukan oleh sales dalam pemesanan dan pengiriman obat.

b.      Wawancara
Pengumpulan data melalui tanya jawab dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan  permasalahan  untuk  mendapatkan  data  yang  lebih  rinci,  misalnya bertanya dengan pimpinan dan karyawan yang berkerja pada Apotek Bulung tentang bagaimana alur kerja dan prosedur kerja pada perusahaan.
2.      Sumber Data Sekunder
Adalah data yang diambil secara tidak langsung dari objek penelitian. Data ini diperoleh dari buku–buku, dokumentasi, dan literatur–literatur. Meliputi :
a.       Studi Kepustakaan
Pengumpulan data dari buku-buku yang sesuai dengan permasalahan, misalnya pengambilan teori dari buku Analisis dan Desain Sistem Informasi, serta buku UML Distiled Edisi   Ketiga.
b.        Studi Dokumentasi
Pengumpulan  data  dari  literatur-literatur  dan  dokumentasi  dari  internet, diktat,dan  sumber  informasi  lain  yang  berhubungan  dengan  permasalahan, misalnya pengertian dan alur kerja sms gateway.







G.    TINJAUAN PUSTAKA
Wahyu Fitriyanto  (2010) dalam laporan skripsi S-1 Sistem  Informasi Universitas Muria Kudus, yang mengambil judul  “Sistem Informasi Akademik berbasis  SMS  pada  SMA  Negeri  2  Bae  Kudus”  menjelaskan  bahwa  dengan adanya aplikasi sistem informasi serta media SMS yang diintegrasikan dengan sistem akademik, maka dapat dibuat sebuah sistem informasi terkomputerisasi yang dapat membantu mempermudah dalam proses pengolahan data akademik siswa serta dapat mengkomunikaskan hasilnya ke orang tua siswa dengan mudah, cepat, dan tepat waktu. Selain pengolahan data akademik, sistem yang dibangun telah  diintegrasikan  dengan  SMS  Gateway  yang  menyediakan  layanan  kirim informasi akademik ke orang tua siswa melalui SMS.
Heri  Sufa’at (2010)  dalam  laporan  skripsi  S-1  Sistem  Informasi
Universitas Muria Kudus, yang berjudul “Sistem Informasi Distribusi Penjualan Obat  pada  PT.  Sehat  Bersama  Sejahtera”  menjelaskan  bahwa  dengan  adanya aplikasi sistem informasi yang dapat mengelola data, maka dapat dibuat sebuah sistem   informasi   terkomputerisasi   yang   menyediakan   pengelolaan   data permintaan   barang,   pengiriman barang,   serta   penjualan   barang   dapat mempermudah kinerja perusahaan dan dapat mempercepat pelayanan terhadap konsumen.
Sulistiyono (2007), dalam laporan tugas akhir yang berjudul” Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Nilai Akademik Melalui SMS (Short Message Service) Menggunakan  Pemrograman  Delphi  6.0”  Sistem  ini mengembangkan  satu  set server sebagai SMS Gateway yang dihubungkan dengan database. SMS Gateway yang  dibuat  terdiri  dari  seperangkat  komputer  yang  dihubungkan  dengan handphone.  Hasilnya  adalah  sebuah  sistem  yang  dapat  digunakan  untuk mengetahui  informasi  nilai  dan  matakuliah  tanpa  harus  melihat  di  papan pengumuman ataupun KHS (Kartu Hasil Studi). Dari tugas akhir inilah penulis terinspirasi   untuk   membuat   suatu   sistem   informasi   yang   menarik   dan implementatif.

H.    JADWAL PENELITIAN
No
Kegiatan
Waktu Yang Dibutuhkan
November
Desember
Januari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Proposal












2
Observasi












3
Wawancara












4
Kepustakaan












5
Laporan













Keterangan
1.        Proposal
Mengajukan proposal penelitian
2.        Observasi
Melakukan pengamatan tentang berbagai hal yang berkaitan antara pembuatan atau perkembangan perangkat lunak dengan data yang telah diperoleh.
3.        Wawancara
Melakukan wawancara kepada pimpinan dan karyawan di Apotek Bulung tentang alur kerja dan prosedur kerja pada perusahaan.
4.        Kepustakaan
Mengambil teori yang berhubungan dengan penelitian.
5.        Laporan penelitian
Membuat rekaman hasil penelitian dalam bentuk laporan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »