MAKALAH ANALISA EBAY DAN KASKUS


ISI
a.       Pengertian Kaskus
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.

Sejarah Kaskus
Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri.[11] Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk".
Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.
Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia di mana Kaskus masuk dalam target penyerangan.
Karena saking padatnya pengunjung, pada Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah dua server baru untuk meningkatkan performa situs Kaskus (Dell Server).
Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli delapan server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan delapan server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah enam belas server.
Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerja sama dengan Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PT Djarum. Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah server-nya hingga 250 buah serta melakukan perekrutan pegawai baru hingga delapan puluh orang.
Pada tanggal 26 Mei 2012 manajemen Kaskus mengubah lagi domain .us menjadi .co.idkarena mengalami gangguan dengan DNS
Di sekitar tahun 2012 manajemen Kaskus memutuskan untuk membuat engine sendiri pada forumnya yang kemudian dinamakan Kaskus 2. dan dijuluki NewKaskus oleh para penggunanya. Saat masih dalam masa percobaan, pengguna yang terpilih dapat mencoba menggunakan New Kaskus, sementara pengguna lainnya tetap menggunakan versi vBulletin.
Pada sekitar pertengahan akhir tahun 2012 Kaskus 2.0 sudah mencapai finalnya, sehingga pengguna yang sebelumnya tak dapat mencoba versi percobaan menjadi dapat menggunakannya, dan keseluruhan Kaskus diubah ke versi 2.0 namun terdapat thread (topik) yang tak dapat ditransfer ke Kaskus 2.0 sehingga manajemen kaskus memutuskan untuk tetap menggunakan vBulletin (yang kemudian dijuluki Old Kaskus) pada topik-topik tersebut, meskipun para pengguna tak dapat menyunting maupun membalas topik yang ada pada Old Kaskus tersebut.
Analisa Kaskus
1.      Penggunaan
Pemula yang baru saja menggunakan Kaskus akan menemui sedikit kerumitan dalam tata letak situs karena Kaskus memiliki konten yang sangat kompleks dan banyak. Tata letaknya terkesan sedikit berantakan, hal ini dikarenakan pembagian letak menu yang harus menyesuaikan dengan kategori. Terlalu banyaknya iklan dan gambar-gambar kecil juga merupakan hal yang menimbulkan ketidaknyamanan pandangan. Namun demikian, untuk navigasi situs, Kaskus mempunyai nilai bagus.
2.      Pembelajaran
Kaskus termasuk sebuah website yang mudah dipelajari pertama kali oleh user yang baru menggunakan Kaskus. Alur perintah dan desain yang simple dan tidak bertele-tele. Proses pembuatan akun user juga mudah, sehingga tidak membingungkan user yang baru saja menggunakan kaskus. Meskipun dengan sedikit keruwetan tata letak menu, namun navigasi isi menu cukup mudah. Menu-menu dasar seperti Home, kategori-kategori, forum, dan lainnya juga mudah dijangkau.
3.      Efisien
Tingkat efisiensi penggunaan Kaskus adalah sangat baik, yakni sangat efisien. Dalam menjelajah forum misalnya, user tidak perlu menjelajah halaman lain untuk bisa sampai di halaman forum. Dan ini artinya, tidak perlu sesi tambahan dan juga waktu untuk membuka suatu halaman.  Dan tentunya untuk pengguna internet yang memakai koneksi internet berdasarkan volume based, efisiensi ini sangat berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan.
4.      Mudah diingat
Website Kaskus termasuk salah satu website yang mudah diingat penggunaannya ketika seorang user tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini ditinjau dari segi desain tampilan Kaskus yang memberi corak warna tersendiri, memberi kesan segar dan cerah sehingga memberi satu sinyal khusus bagi otak untuk mudah mengingat penggunaan Kaskus.

Kelebihan Kaskus
1.      Letak menu terstruktur dengan baik
2.      Akses Kaskus Mudah
3.      Disediakan forum/ komunitas untuk member
4.      Kebebasan beropini untuk member
5.      Tiap member bebas untuk menulis thread apapun
Kelemahan Kaskus
1.      Dengan tersedianya forum jual beli, penjual video porno memanfaatkan untuk menjual produknya
2.      Sering terjadi kesalahpahaman apabila terdapat threads yang isinya menyimpang
3.      Adanya oknum tertentu yang memanfaatkan kaskus untuk tindak criminal.

b.      Pengertian Ebay
eBay adalah sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.

Sejarah Ebay
eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai "AuctionWeb", bagian dari situs pribadi yang termasuk, tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain "EchoBay.com" namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi "eBay.com". eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.
Kesuksesan e-bay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar keseluruh dunia. Ide daripada eBay ini merupakan salah satu contoh dari fenomena "Long Tail" yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama "The Long Tail", dimana pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak, sementara jumlahnya semakin sedikit.sumber pendapatan banyak berasal dari paypal.


Analisa Ebay
1.      Akses Situs
Menurut pandangan kami, dimana situs ebay Indonesia memiliki aspek Accessibility yang cukup baik. Situs ebay memiliki bahasa yang disesuaikan dengan bahasa kita, yaitu bahasa Indonesia. Situs ebay juga memiliki situs yang berbahasa inggris sehingga situs ebay bias di mengerti oleh konsumennya. Bisa di lihat di pojok kanan atas layar, disana terdapat pilihan bahasa inggris dan Indonesia.
2.      Tampilan web
Untuk tampilan menu tidak begitu susah dan rumit untuk di lihat, melainkan sederhana dan letaknya pun terlihat di pojok kanan atas. Untuk keindahan menu, menurut saya simpel dan mudah kemudian cukup minimalis.
3.      Ketersediaan pilihan menu
Website ebay ini jika dilihat dilihat dari segi availability sudah memenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu sehingga tidak perlu mencari lagi ke halaman yang lainnya. Ditengah kita bisa melihat berbagai link menu yang cukup lengkap.
4.      Kejelasan menu
Menurut kami, website ini cukup jelas. Terlihat dari penempatan menu yang jelas dan sesuai dengan fungsi yang diberikan. Selain itu terdapat pula notice atau penjelasan pada beberapa fungsionalitas yang disediakan di samping ataupun menu yang terdapat di situs ebay.
5.      Dapat dibuka di beberapa beberapa browser
Web ebay bisa di buka di beberapa situs browser berbeda. Selain mozila, crome, opera , internet explorer dan lain-lain.    
6.      Konfigurasi
Dari segi configurability, web ebay konstan dan tidak bisa di ubah-ubah ataupun personalisasikan oleh user.
7.      Konsisten
Dilihat di beberapa halaman situs ebay, menurut saya situs ini tidak begitu konsisten dalam tampilan beberapa halaman. tetapi situs ini konsisten dalam penempatan menu di tiap halaman. Situs ini terlihat tidak konsisten di tampilan iklan atau keterangan yang di pasang di bawah situs.
8.      Kontrol situs
Untuk kontrol, web ini memiliki kontrol yang cukup baik. Tidak ada tombol yang tidak berfungsi, tetapi ada beberapa menu yang tidak begitu di pahami.
9.      Sekali klik langsung melakukan pemesanan
Website ini sudah menerapkan prinsip satu kali klik. Disini kami memiliki contoh disaat kita memilih salah satu produk yang di tawarkan, maka langsung muncul menu pembelian dan jika kita klik maka kita akan melakukan registrasi untuk melakukan pemesanan.
10.  Efisien
Web ebay menurut saya kurang efisien. Dari mulai penempatan menu yang terlalu tersebar dimana-mana sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien. Akibatnya orang yang melihatnya menjadi pusing .
11.  Familiar
Dari segi ini, menurut kami ebay merupakan situs yang cukup familiar. Dari segi logo dan nama, nama ebay merupakan salah satu situs yang terkenal di dunia internet atau dunia web ecommerce.


12.  Fleksibel
Web ini tidak hanya berbahasa inggris, dan ada juga bahasa Indonesia.  Kemudahan bagi yang berbahasa Indonesia untuk bisa mengerti bahasa yang di gunakan.

Kelebihan  Ebay
1.      Relatif sederhana dan dalam jangkauan.
2.      Akses eBay yang cepat
3.      Item yang dijual bervariasi
4.      Membeli di eBay, user mendapatkan wawasan dan update harga barang tertentu saat ini
5.      Kemungkinan uang kembali
Kelemahan eBay
1.      Pernyataan tentang kondisi barang tidak dicantumkan
2.      Tambahan biaya/ongkos kirim
3.      eBay menawarkan kemudahan dalam berbelanja, namun interaksi/ bentuk sosialisasi antar penjual dan pembeli kurang.
4.      Terlalu beresiko terhadap kejahatan virtual (misalnya penipuan)
5.      Terbentuk masyarakat yang konsumtif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »