SISTEM INFORMASI PARKIR-TUGAS IMK


SISTEM INFORMASI PARKIR
DI MALL OF KUDUS

      LAPORAN


 









Proposal inidisusungunamemenuhitugas
Mata KuliahInteraksiManusiadanKomputer


AnggotaKelompok :
1.      Nilam Sari UmmayaRatri        (201353001)
2.      Nor Kolis                                (201353005)
3.      FeryRomadhona                     (201353008)
4.      M. FahmiIrsyad                      (201353015)
5.      M. ArfinataBachtiar                (201353026)

Program Studi :SistemInformasi


FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2014


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang
Mall of Kudus merupakanpusatperbelanjaan yang terletak di jantungkota Kudus tepatnya di JalanSimpangTujuh, Kudus.
Mall iniberdirisekitartahun 2007.Mall initerdapat Ramayana.Terdiridari 4 lantai.Lantai 1 terdiridari tenant KFC dan Ramayana. Lantai 2 dan 3 terdiridarisatu tenant yaitu Ramayana. Lantai 4 terdiridari 3 tenant yaitu Robinson Supermarket, Zone 2000, danTokoBukuGramedia.
Banyaknyapengunjung yang datang, terutamadenganmembawakendaraanpribadimembuatpelayananpada area parkirdituntutharuslebihcepat agar tidakterjadipenumpukkankendaraan.
Pengelolaanjasa parkir di Mall of Kudus  masih menggunakan system manual, yaknidengancaramencatat data kendaraan yang keluarmasuk area parkir. Cara manual inipastinyaakanmemakan waktu yang cukup lama dantidakefisien.
Kemungkinanmasalahlainnya yang dapatterjadiyaitu data yang dicatat padalembarankertastersebutdapathilang, kotor, ataupunterbakar.
Berdasarkanmasalah yang sudahdiuraikantersebut, makadibutuhkansuatusarana yang dapatmembantudalampengelolaanjasaparkir agar pengelolaan data kendaraan yang keluar masuk area parker di Mall of Kudusmenjadilebihcepat, efisiendantidakterjadipenumpukankendaraan. Salah satualternatif yang dapatmembantumenyelesaikanmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanSistemInformasiParkir.
B.     IdentifikasiMasalah
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Pengelolaanjasa parker masihmenggunakan system manual, yaknidengancaramencatat data kendaraan yang keluardanmasuk area parker Mall of Kudus yang pastinyaakanmemakanwaktucukup lama dantidakefisien.
2.      Keamanan data yang dicatattidakterjaminkarenakemungkinandapathilang, kotor, ataupunterbakar.

C.    BatasanMasalah
PermasalahanpadapenelitianinidibatasipadapengembanganaplikasipendataanpendudukdisuatudesadenganmenggunakanMicrosoft Visual Basic 6.0, xamp( mysql), dan MS Excel sebagai software pendukung.
D.    RumusanMasalah
Berdasarkanbatasanmasalah yang telahdikemukakanmakapermasalahndalampeneltianiniadalah:
1.      Bagaimanacara user menggunakansisteminformasiparkir ?
2.      Apasajakegunaansisteminformasiparkir ?
3.      Siapasaja yang dapatmenggunakansisteminformasiparkir ?
E.     TujuanPenelitian
Tujuandalampenelitianiniadalah :
1.      MerancangsuatuSistemInformasi yang dapatmengelola data kendaraan yang keluar-masuk area parkirdengancepat agar tidakterjadipenumpukankendaraan.
2.      Meningkatkankeamanan data kendaraan yang keluarmasuk area parkir Mall of Kudus.
3.      Memudahkandalampenyajianlaporan (penghasilan/keuntungandarijasaparkir).
F.     Target Pengguna
Target penggunadalampembuatanaplikasiparkiriniadalahadmin/karyawan Mall,untukmempermudahpencatatankendaraan yang keluar-masuk area parkirdengan system barumenggunakan media computer dapatmembantumempercepat proses pencatatankendaraan.
.







BAB II
PEMBAHASAN
A.      AnalisaPembuatan Program
Pembuatan program ini dibuat dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu:
1.      Karakteristik Pengguna
Aplikasiinimemilikisatutipepengguna, yaitu administrator.
Berikutiniadalahkarakteristikpenggunatersebut:
a.       Admin adalahkaryawandari Mall of Kudus.
b.      Admin menguasaidalamhalpengetikkansecaracepat.
c.       Admin hanyamenginputkan data kendaraanmasuk.
2.      Style Guide
Screen Layout and Design
·         Teks
Dalamaplikasiini, teksdigunakansebagaisaranainteraksiantara user dengansistem.Misalnyapada proses pemasukkan data kendaraan yang masuk, caption yang diberikandapatmenggambarkanapa yang harusdiisioleh user apabilaiainginmencatat data kendaraanmasuk.
·         Warna
Aplikasiinimenggunakanwarnaputih, biru, danhitamsebagaiwarnadominan.Tidakadapembedaanwarna yang sederhanadancukupnetraluntukmemberikan rasa nyamankepada user ketikamengaksesaplikasiini.
3.      Kebutuhandokumentasi
Berdasarkanprofil user, identifikasitujuanmendatakendaraan yang masukke area parkirdengancepat, kami memutuskanuntukmenyediakandokumentasi di aplikasiiniberupa :
·         User manual (hardcopy tutorial) untuk administrator
Pertimbangannyaadalahakarena administrator memilikiprofilpengetahuandankemempuanmenengahkeatas (expert) sehinggakebutuhanakandokumentasitermasukkurang. Administrator memerlukandokumentasi yang menjelaskanfungsi-fungsikomplekssecaraterperinci.User manual dibuatdenganstruktur yang sesuaidengan task seorang administrator, menunjukkan detail darifungsi-fungsi yang dibutuhkan.
User manual yang kami buatberisi :
o   Informasiumumaplikasi
o   Panduanumumpenggunaanaplikasi
o   Problem solving
Pertimbanganteknologi
Berikutiniadalahbeberapapertimbanganteknologi yang diterapkandalamperancanganantarmukaaplikasiini:
Aspek
Penjelasan
System power
Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat pendataan kendaraan yang masuk area parkir Mall of Kudus,sehingga system ini diharapkan agar data lebih akurat
Ukuran layar
Aplikasi dapat diakses melalui layar berukuran berapapun. Aplikasi juga menyediakan fitur penyesuaian ukuran teks, sehingga pengguna dapat menentukan ukuran teks yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Resolusi layar
Aplikasi dibangun dan telah diujikan pada berbagai resolusi layar standar, yaitu:
• 800 x 600
• 1024 x 768
• 1280 x 1024
Tools pengembangan
Aplikasi ini dikembangkan dengan perangkat:
·         Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrogramannya
·         xamp(mysql) untukmembangun basis datanya.
·         dan MS Excel sebagai software pendukung.
B.     Analisa Menu Program
1.      Struktur dan Isi Menu
Pada program aplikasiiniterdiridaritiga menu yaitu :
·         Menu Login
Didalam menu iniberisi Username dan Password dari administrator
·         Menu KendaraanMasuk
Dalam menu iniberisidata :
o   NomorTiket
o   NomorPolisi
o   JenisKendaraan
o   TanggalMasuk
o   Jam masuk
o   TanggalKeluar
o   Jam Keluar
o   Tarif
·         Menu KendaraanKeluar
Dalam menu iniberisidata :
o   Tanggalkeluar
o   Nomortiket
o   Nomorpolisi
o   Jeniskendaraan
o   Jam masuk
o   Jam keluar
o   Tarif

2.      Navigasi Menu
Padaaplikasiini, navigasi menu mengggunakankursordari mouse.
3.      PemilihanPerangkatInteraksi
Pilihanperangkatinteraksi yang digunakanpadaaplikasiiniadalahmenggunakanlayarkomputerdan printer untukmencetaktiket.
4.     DesainUmumTampilan (Mockup)
C.    AnalisaKontroldanPerancangan
1.      PemilihanKontrol
Dalamaplikasiini, control yang digunakan yaitu dengan Mouse
2.      Perancanganteksdanpesan
Dalamaplikasiini, teks yang disusundisesuaikandengankarakteristikpengguna.Jarakspasiantarperintahdisusunsedemikianrupasehinggapenggunamerasanyamansaatmembacapetunjuk yang ada.Pesan-pesan yang ditampilkandalamaplikasiinisangatrelevandengan topic yang ditampilkan di layar.
Dalam system berbasis frame (misalnyapada dialog berbasispengisianborang), penggunadihadapkanpadasejumlahtampilan yang penuhdenganinformasi.Maka kami merancang agar pesanatauinformasi yang ada, dapatmudahdimengertiolehpengguna.
3.      Perancanganfeedbackdanpanduan
Feedback yang diberikanaplikasiiniberupalaporankendaraanmasukdankeluar area parkir, danjugabiaya yang harusdibayarkanolehpengunjung.
Panduanpadaaplikasiiniberupateksinteraktif yang muncul di kotakpanduan.Kami jugamenyediakanbukupanduankepada admin.
4.      Perancangangrafis, ikon, gambardanwarna
·         Warna
Aplikasiinimenggunakanwarnaputih, biru, danhitamsebagaiwarnadominan.Tidakadapembedaanwarna yang sederhanadancukupnetraluntukmemberikan rasa nyamankepada user ketikamengaksesaplikasiini.
·         Grafis
Padadasarnya kami tidakmenggunakangambarpolosdansederhanadanhanyabermainpadawarna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »