SISTEM INFORMASI PARKIR
DI MALL OF KUDUS
LAPORAN
Proposal inidisusungunamemenuhitugas
Mata KuliahInteraksiManusiadanKomputer
AnggotaKelompok :
1.
Nilam Sari UmmayaRatri (201353001)
2.
Nor Kolis (201353005)
3.
FeryRomadhona (201353008)
4.
M. FahmiIrsyad (201353015)
5.
M.
ArfinataBachtiar (201353026)
Program Studi :SistemInformasi
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2014
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Mall of Kudus merupakanpusatperbelanjaan yang terletak di
jantungkota Kudus tepatnya di JalanSimpangTujuh, Kudus.
Mall iniberdirisekitartahun 2007.Mall initerdapat
Ramayana.Terdiridari 4 lantai.Lantai 1 terdiridari tenant KFC dan Ramayana.
Lantai 2 dan 3 terdiridarisatu tenant yaitu Ramayana. Lantai 4 terdiridari 3
tenant yaitu Robinson Supermarket, Zone 2000, danTokoBukuGramedia.
Banyaknyapengunjung yang
datang, terutamadenganmembawakendaraanpribadimembuatpelayananpada area
parkirdituntutharuslebihcepat agar tidakterjadipenumpukkankendaraan.
Pengelolaanjasa parkir di Mall
of Kudus masih menggunakan system manual,
yaknidengancaramencatat data kendaraan yang keluarmasuk area parkir. Cara
manual inipastinyaakanmemakan waktu yang cukup lama dantidakefisien.
Kemungkinanmasalahlainnya yang
dapatterjadiyaitu data yang dicatat padalembarankertastersebutdapathilang,
kotor, ataupunterbakar.
Berdasarkanmasalah yang
sudahdiuraikantersebut, makadibutuhkansuatusarana yang
dapatmembantudalampengelolaanjasaparkir agar pengelolaan data
kendaraan yang keluar masuk area parker di Mall of
Kudusmenjadilebihcepat, efisiendantidakterjadipenumpukankendaraan. Salah
satualternatif yang
dapatmembantumenyelesaikanmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanSistemInformasiParkir.
B.
IdentifikasiMasalah
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1.
Pengelolaanjasa parker masihmenggunakan system manual,
yaknidengancaramencatat data kendaraan yang keluardanmasuk area parker Mall of
Kudus yang pastinyaakanmemakanwaktucukup lama dantidakefisien.
2. Keamanan data yang dicatattidakterjaminkarenakemungkinandapathilang,
kotor, ataupunterbakar.
C. BatasanMasalah
PermasalahanpadapenelitianinidibatasipadapengembanganaplikasipendataanpendudukdisuatudesadenganmenggunakanMicrosoft
Visual Basic 6.0, xamp( mysql), dan MS Excel sebagai software pendukung.
D. RumusanMasalah
Berdasarkanbatasanmasalah yang
telahdikemukakanmakapermasalahndalampeneltianiniadalah:
1.
Bagaimanacara user menggunakansisteminformasiparkir
?
2.
Apasajakegunaansisteminformasiparkir ?
3.
Siapasaja yang dapatmenggunakansisteminformasiparkir
?
E.
TujuanPenelitian
Tujuandalampenelitianiniadalah
:
1. MerancangsuatuSistemInformasi
yang dapatmengelola data kendaraan yang keluar-masuk area parkirdengancepat
agar tidakterjadipenumpukankendaraan.
2. Meningkatkankeamanan data
kendaraan yang keluarmasuk area parkir Mall of Kudus.
3. Memudahkandalampenyajianlaporan
(penghasilan/keuntungandarijasaparkir).
F.
Target Pengguna
Target
penggunadalampembuatanaplikasiparkiriniadalahadmin/karyawan Mall,untukmempermudahpencatatankendaraan
yang keluar-masuk area parkirdengan system barumenggunakan media computer
dapatmembantumempercepat proses pencatatankendaraan.
.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. AnalisaPembuatan Program
Pembuatan
program ini dibuat dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu:
1. Karakteristik
Pengguna
Aplikasiinimemilikisatutipepengguna,
yaitu administrator.
Berikutiniadalahkarakteristikpenggunatersebut:
a. Admin
adalahkaryawandari Mall of Kudus.
b. Admin
menguasaidalamhalpengetikkansecaracepat.
c. Admin
hanyamenginputkan data kendaraanmasuk.
2. Style Guide
Screen
Layout and Design
·
Teks
Dalamaplikasiini,
teksdigunakansebagaisaranainteraksiantara user dengansistem.Misalnyapada proses
pemasukkan data kendaraan yang masuk, caption yang
diberikandapatmenggambarkanapa yang harusdiisioleh user apabilaiainginmencatat
data kendaraanmasuk.
·
Warna
Aplikasiinimenggunakanwarnaputih,
biru, danhitamsebagaiwarnadominan.Tidakadapembedaanwarna yang
sederhanadancukupnetraluntukmemberikan rasa nyamankepada user
ketikamengaksesaplikasiini.
3.
Kebutuhandokumentasi
Berdasarkanprofil
user, identifikasitujuanmendatakendaraan yang masukke area parkirdengancepat,
kami memutuskanuntukmenyediakandokumentasi di aplikasiiniberupa :
·
User manual (hardcopy tutorial) untuk
administrator
Pertimbangannyaadalahakarena
administrator memilikiprofilpengetahuandankemempuanmenengahkeatas (expert)
sehinggakebutuhanakandokumentasitermasukkurang. Administrator
memerlukandokumentasi yang
menjelaskanfungsi-fungsikomplekssecaraterperinci.User manual
dibuatdenganstruktur yang sesuaidengan task seorang administrator, menunjukkan
detail darifungsi-fungsi yang dibutuhkan.
User manual yang kami
buatberisi :
o
Informasiumumaplikasi
o
Panduanumumpenggunaanaplikasi
o
Problem
solving
Pertimbanganteknologi
Berikutiniadalahbeberapapertimbanganteknologi
yang diterapkandalamperancanganantarmukaaplikasiini:
Aspek
|
Penjelasan
|
System
power
|
Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat pendataan kendaraan yang masuk area parkir Mall
of Kudus,sehingga system ini diharapkan
agar data lebih akurat
|
Ukuran layar
|
Aplikasi dapat diakses melalui layar berukuran berapapun. Aplikasi juga menyediakan fitur penyesuaian ukuran teks,
sehingga pengguna dapat menentukan ukuran teks
yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
|
Resolusi layar
|
Aplikasi dibangun dan telah diujikan pada berbagai resolusi layar standar, yaitu:
•
800 x 600
•
1024 x 768
•
1280 x 1024
|
Tools
pengembangan
|
Aplikasi ini dikembangkan dengan perangkat:
·
Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrogramannya
·
xamp(mysql) untukmembangun basis
datanya.
·
dan MS Excel sebagai
software pendukung.
|
B. Analisa Menu Program
1.
Struktur dan Isi Menu
Pada program aplikasiiniterdiridaritiga
menu yaitu :
·
Menu Login
Didalam menu iniberisi Username dan
Password dari administrator
·
Menu KendaraanMasuk
Dalam
menu iniberisidata :
o NomorTiket
o NomorPolisi
o JenisKendaraan
o TanggalMasuk
o Jam
masuk
o TanggalKeluar
o Jam
Keluar
o Tarif
·
Menu KendaraanKeluar
Dalam
menu iniberisidata :
o Tanggalkeluar
o Nomortiket
o Nomorpolisi
o Jeniskendaraan
o Jam
masuk
o Jam
keluar
o Tarif
2.
Navigasi Menu
Padaaplikasiini, navigasi menu mengggunakankursordari
mouse.
3.
PemilihanPerangkatInteraksi
Pilihanperangkatinteraksi yang
digunakanpadaaplikasiiniadalahmenggunakanlayarkomputerdan printer
untukmencetaktiket.
4. DesainUmumTampilan (Mockup)
C.
AnalisaKontroldanPerancangan
1.
PemilihanKontrol
Dalamaplikasiini, control yang digunakan yaitu dengan Mouse
2.
Perancanganteksdanpesan
Dalamaplikasiini, teks yang
disusundisesuaikandengankarakteristikpengguna.Jarakspasiantarperintahdisusunsedemikianrupasehinggapenggunamerasanyamansaatmembacapetunjuk
yang ada.Pesan-pesan yang ditampilkandalamaplikasiinisangatrelevandengan topic
yang ditampilkan di layar.
Dalam system berbasis frame (misalnyapada dialog
berbasispengisianborang), penggunadihadapkanpadasejumlahtampilan yang
penuhdenganinformasi.Maka kami merancang agar pesanatauinformasi yang ada,
dapatmudahdimengertiolehpengguna.
3.
Perancanganfeedbackdanpanduan
Feedback yang diberikanaplikasiiniberupalaporankendaraanmasukdankeluar area
parkir, danjugabiaya yang harusdibayarkanolehpengunjung.
Panduanpadaaplikasiiniberupateksinteraktif yang
muncul di kotakpanduan.Kami jugamenyediakanbukupanduankepada admin.
4.
Perancangangrafis,
ikon, gambardanwarna
·
Warna
Aplikasiinimenggunakanwarnaputih,
biru, danhitamsebagaiwarnadominan.Tidakadapembedaanwarna yang
sederhanadancukupnetraluntukmemberikan rasa nyamankepada user
ketikamengaksesaplikasiini.
·
Grafis
Padadasarnya
kami tidakmenggunakangambarpolosdansederhanadanhanyabermainpadawarna.